Peserta Pemilu 2024 Diminta Untuk Menurunkan APK Sendiri Jelang Masa Tenang

By ILEX VIS 10 Feb 2024, 16:39:39 WIB Banyuwangi
Peserta Pemilu 2024 Diminta Untuk Menurunkan APK Sendiri Jelang Masa Tenang

radiovisfm.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi mengingatkan kepada peserta Pemilu 2024 untuk menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) secara mandiri menjelang masa tenang.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Dian Purnawan mengatakan, masa tenang berlaku selama tiga hari mulai 11-13 Februari 2024.

Baca Lainnya :

APK bisa dibersihkan langsung oleh partai politik atau peserta pemilu secara mandiri. Karena, 10 Februari adalah hari terakhir kampanye. Jadi tanggal 11, jalanan Banyuwangi harus sudah steril dari seluruh APK,” kata Dian.

Jika pada saat masa tenang masih ada APK seperti baliho caleg, banner hingga bendera partai yang belum diturunkan, tambah Dian, maka Bawaslu bersama Satpol PP yang akan menertibkan.

“Kami akan koordinasi dengan Bawaslu berkaitan mekanisme pembersihan APK. Yang jelas jika selama masa tenang masih ada APK, prosesnya akan diserahkan ke Bawaslu,” imbuh Dian.

Komisioner Bawaslu Banyuwangi Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Khomisa Kurnia Indra menambahkan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada peserta pemilu untuk melakukan pembersihan APK secara mandiri.

“Apabila dirasa pada tanggal 10 Februari, malamnya masih banyak APK yang bertebaran di jalan maka tanggal 11 Februari akan kami tertibkan seluruhnya,” tutur Indra.

Ia mengatakan, pada Minggu 11 Februari 2024, Bawaslu juga akan melakukan apel siaga bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Banyuwangi dalam rangka patroli di masa tenang pemilu. Setelah apel, secara serentak mereka melakukan penertiban sisa-sisa APK yang belum dibersihkan.

“Ini kami sisir di seluruh wilayah yang ada di Banyuwangi,” pungkas Indra.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment