Transaksi Pembayaran QRIS di Wilayah BI Jember Tembus 920 M

By ILEX VIS 31 Okt 2023, 19:09:38 WIB Ekonomi
Transaksi Pembayaran QRIS di Wilayah BI Jember Tembus 920 M

radiovisfm.com - Transaksi pembayaran via QR code alias QRIS di wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember sepanjang tahun ini hingga September 2023 mencapai Rp 920 miliar. Nilai tersebut tercatat berasal dari 7,6 juta transaksi yang berlangsung selama sembilan bulan.

Wilayah BI Jember meliputi lima kabupaten, yakni Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang.

Baca Lainnya :

Kepala Perwakilan BI Jember Gunawan mengatakan, jumlah merchant QRIS di lima wilayah tersebut juga tumbuh signifikan sepanjang 2023. Data BI Jember menunjukkan, merchant QRIS saat ini berada di angka 349.619. Atau tumbuh sekitar 22,3 persen year to date (ytd).

Dalam forum “Mendorong Kemudahan Berusaha: Mengenal Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS RBA) dan Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA)” di Banyuwangi, Gunawan menyampaikan bahwa capaian tersebut tak lepas dari kerja sama dengan seluruh pemerintah daerah di lima wilayah tersebut.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut berperan dalam mendorong metode pembayaran via QRIS,” kata Gunawan.

“Dari segi ekonomi dan keuangan digital, seluruh pemda telah terkategori sebagai pemda digital. Diharapkan ke depannya seluruh skor Indeks ETPD di wilayah ini akan terus meningkat,” imbuhnya.

Di sisi lain, transaksi tunai di wilayah tersebut juga mencatatkan inflow sebagaimana tren yang terjadi dalam lima tahun terakhir. Hal itu terlihat dari perekonomian di lima wilayah yang dibawahi BI Jember pada 2022 yang meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peningkatan itu, sejalan dengan berbagai inisiasi program pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19,” tutur Guawan.

Berdasarkan survei konsumen dan survei penjualan eceran, kata Gunawan, masyarakat cenderung optimis dalam melihat perekonomian dewasa ini dan ke depannya. Selanjutnya,  kegiatan liaison mengkonfirmasi bahwa secara umum seluruh perusahaan mencatatkan pertumbuhan penjualan dibandingkan tahun sebelumnya.

Terakhir, Gunawan mengklaim, BI Jember juga telah bersinergi dengan pihak terkait untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Dorongannya dalam bentuk pengendalian inflasi, pengembangan UMKM dan ekonomi syariah, mendorong digitalisasi dan elektronifikasi, dan peredaran uang rupiah,” pungkas Gunawan.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment